WHAT'S NEW?
Loading...

Perbandingan Magister Manajemen UI vs UGM (Jakarta)


setiap orang pasti menginginkan ilmu pengetahuan yang luas dalam hidupnya. dengan ilmu , semua bisa dimiliki dengan mudah. bahkan dalam hadist nabi pun di sebutkan bahwa jika ingin mendapatkan dunia dan akhirat maka menggunakan ilmu. saya pernah mendengar orang tua berkata "kamu masih muda..cari ilmu yang banyak, kalo saya mah sudah tua udah bukan waktunya lagi", perkataan tersebut sangatlah salah. mencari ilmu itu sudah ada waktunya dan waktunya itu sejak di lahirkan sampai masuk liang kubur. mencari ilmu disini bukan hanya ilmu pengetahuan saja, tetapi ilmu yang lain seperti ilmu sosial dan bermasyarakat.

dari dulu saya pengen sekali ngerasain kuliah di luar negri, pengen mengamalkan hadist "tuntutlah ilmu sampai ke negri cina". tapi sayangnya nasib berkata lain, saya di kabulkan kuliah s1 di luar negri juga (baca: swasta) di universitas Bina Nusantara dengan jurusan sistem informasi. untuk saat ini saya mempunyai keinginan untuk mengambil s2 di bidang manajemen. dalam tulisan ini saya mencoba membandingkan dua universitas dalam negri yang mempunyai peminatan magister manajemen yaitu antara Universitas Indonesia (UI) dengan Universitas Gadjah Mada(UGM).






dalam perbandingan ini, saya akan membagi dalam beberapa kategori yang sekiranya penting untuk di baca.


1. Biaya
sudah bukan hal umum lagi kalau biaya kuliah s2 itu sangat mahal, bahkan biaya kuliah di universitas  ini lebih mahal daripada di universitas swasta lainnya. berikut ini saya sajikan berupa gambar saja mengenai berapa yang harus di bayar ketika menempuh studi.


biaya tersebut belum termasuk uang pendaftaran dan uang buku. saya kurang tau apakah biaya tersebut dapat di cicil atau tidak. untuk kelas khusus ini biasanya untuk para karyawan yang mengambil kelas malam. dari harga tersebut dapat terlihat bahwa UGM lebih murah dari UI.

2. Syarat

masing masing universitas dalam menerima seorang mahasiswa pasti memiliki beberapa peraturan untuk mempermudah seleksi penerimaannya. berikut ini gambar mengenai perbandingan antara UI dan UGM di bidang ilmu manajemen.
UGM :


UI :

sepertinya untuk syarat tidak beda jauh untuk universitas tersebut. yang saya tekankan di sini ialah yang kelas sore atau kelas khusus. dimana kelas ini biasanya untuk para karyawan. untuk UGM hanya membutuhkan 1 tahun pengalaman kerja saja untuk yang tipe A dan 2 tahun untuk tipe B, sedangkan UI 2 tahun. dua universitas ini memiliki beberapa tes seperti tes wawancara dan tertulis dan juga tes toefl. untuk kategori ini saya rasa masih lebih mudah UG.

3.Peminatan

sama seperti ketika kuliah, terdapat beberapa peminatan atau specialzation course untuk mata kuliah yang di ambil. berikut daftar peminatan yang di miliki masing- masing universitas
UGM :

UI :
Magister Management FEUI menawarkan 6 pilihan konsentrasi yakni:

Manajemen Internasional
Manajemen Keuangan
Manajemen Operasi
Manajemen Pemasaran
Manajemen SDM
Manajemen Umum
Manajemen Syariah (Keuangan Islam)

dan 4 pilihan konsentrasi khusus yakni:

MM Manajemen Resiko
MM Pasar Modal
MM - MBA (Double Degree Perancis)

Khusus untuk kelas double degree, MM FEUI bekerjasama dengan I.A.E. Grenoble Universite Pierre Mendes FranceMM-MBA

salah satu hal yang menarik dari UI adalah adanya peminatan manajemen Syariah dimana sekarang ini sedang banyak pertumbuhannya. maka untuk kategori ini UI lebih baik dari UGM menurut saya.

mungkin untuk perbandingan saya hanya menyajikan 3 kategori saja yang menurut saya sudah cukup dalam menentukan kampus mana yang akan di pilih. semoga saya bisa masuk kedalam salah satu universitas tersebut amin...

tambahan untuk UGM. jadwal kuliah UGM bisa di lihat di bawah ini untuk yang part time


Full Time Class - Jakarta
  • Conducted in MMUGM Jakarta Campus
  • Available program: Bilingual Program
  • Classes are on Monday to Friday, 09.00 am to 04.30 pm 
    Part Time A Class - Jakarta
    • Conducted in MMUGM Jakarta Campus
    • Available program: Bilingual Program
    • Classes are on Monday to Friday, 07.00 pm to 10.00 pm
    Part Time B Class - Jakarta
    • Conducted in MMUGM Jakarta Campus
    • Available program: Bilingual Program
    • Class is held three times a month on Friday from 07:00 pm to 10.00 pm and Saturday from 08:00am to 6:00 pm.
untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi
UI
Program Studi Magister Manajemen
Jalan Salemba Raya 4 Jakarta 10430
Telepon/Fax: 021-3103976 / 021-3103931
e-mail: management@mmui.edu
website: http://mm.fe.ui.ac.id

UGM
JAKARTA
Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan.
Phone: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340
Fax: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813 1418 4849
e-mail: admissions@mmugm.ac.id
website: http://mmugm.ac.id


sumber dari website universitas tersebut

thanks and regards

9 komentar: Leave Your Comments

  1. SALAM KENAL....
    Pengen cepet kaya, rumah mewah, mobil dan banyak duit serta harta lainnya?
    ikuti jejak saya di Gayus Tambunan Personal Blog

    Bagaimana menurut anda, saya punya aset lebih dari 70 Milyar, jadi kalaupun dipenjara 10 tahun ga apa-apa, toh saya sebagai pegawai negeri selama 10 tahun ga bakalan bisa mendapatkan 1 Milyar pun.
    10 TAHUN KEDEPAN SAYA JADI MILYARDER, SEDANGKAN ANDA TETAP JADI BLOGGER YANG TETAP MENGHARAP PADA GOOGLE ADSENSE.

    BalasHapus
  2. hahaaa... parah dah negeri ini :D

    BalasHapus
  3. terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya untuk mencari referensi kuliah S2. Bravo

    BalasHapus
  4. Terima kasih artikelnya. Apakah ada pascasarjana selain UI dan UGM? Bagaimana dengan pascasarjana bidang teknik atau komputer?

    BalasHapus
  5. Terimakasih, good info...

    BalasHapus
  6. Terima kasih untuk informasinya..
    Btw, Bung Aris jadi ambil magister dimana?

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak mas infonya. Oiya, magister di ugm itu hanya memilih salah satu fokus studi, atau tsb kredit sks perkuliahan ya mas?

    BalasHapus